Thursday 24 November 2016

Posisi Strategis UKM Bagi Perekonomian Indonesia

UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah usaha kecil yang merupakan salah satu penggerak perekonomian negara. Usaha kecil menengah ini sangat menguntungkan, karena tidak perlu menggunakan modal yang banyak. Usaha kecil menengah biasanya memberikan barang dan/atau pelayanan jasa.
Perlu kita ketahui, cara untuk membuat usaha kecil menengah harus memerhatikan beberapa aspek, yaitu produk yang akan dijual, pasar-pasar yang dijangkau dan kebutuhan konsumen. Produk yang akan dijual oleh kita haruslah menarik dimata konsumen. Jika produk tidak menarik, para konsumen pun tidak akan membelinya. Pasar-pasar yang dijangkau, jika di suatu pasar atau wilayah sudah ada yang menjual barang tersebut sudah ada yang menjual barang yang sama, kita harus memilih antara menyediakan barang yang lebih beraneka ragam, atau pindah wilayah. Lalu kebutuhan konsumen, karena dalam hal ini kebutuhan konsumen sangat banyak. Kita harus mengikuti tren, agar barang kita laku. Dan harus kreatif dalam memilih nama produk, jenis produk, bentuk produk, agar terlihat menarik dimata pelanggan.
Banyak sekali keuntungan dari usaha kecil menengah ini. Seperti mengurangi jumlah pengangguran, mempercepat pemerataan pendapatan indonesia, merupakan pendapatan pajak bagi negara, dan dapat mengurangi biaya sosial. Karena lapangan kerja di Indonesia sedikit. Jika banyak yang akan membuat usaha kecil menengah, maka pengangguran di Indonesia akan berkurang. Namun semakin banyak usaha kecil menengah, makin banyak juga saingan di masing-masing wilayah. Maka dari itu, kita harus kreatif.

Tantangan besar bagi usaha kecil menengah yaitu adanya MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) dan regulasi pemerintah. MEA sudah masuk ke Indonesia, kita harus bersaing dengan negara-negara lain di wilayah sendiri. Semakin sulit juga tantangan bagi para pengangguran yang harus bersaing dengan orang luar negeri. Pemerintah harus mengurus persoalan ini, karena banyak masyarakat Indonesia yang tidak bisa bersaing dengan orang luar negeri, karena teknologi disana lebih maju dan pendidikan pun lebih bagus. Perusahaan juga banyak yang lebih memilih orang luar negeri dibandingkan orang Indonesia. Hanya orang-orang yang memiliki nilai lebih lah yang bisa bersaing dengan orang luar negeri. 

No comments:

Post a Comment