Monday 3 October 2016

Lingkungan Lingkungan yang Mempengaruhi Bisnis

Lingkungan wirausahawan dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan. Lingkungan yang dihadapi wirausahawan ketika akan mengambil keputusan dapat dipisahkan menjadi lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Lingkungan internal adalah sumber daya manusia dan fisik yang mempengaruhi bisnis secara langsung. Contoh dari lingkungan adalah Lingkungan di dalam organisasi, Divisi organisasi, persamaan visi dan misi anggota organisasi.
Masalah yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan dari lingkungan  di dalam organisasi adalah latar belakang keterampilan pendidikan dan teknologi wirausahawan serta anggota organisasi lainnya, keterampilan manajerial yang dimiliki wirausahawan dan anggota organisasi lainnya, keterlibatan dan komitmen anggota individu dalam mencapai tujuan organisasi, dan model komunikasi antar anggota organisasi. Pengambilan keputusan dipengaruhi oleh divisi organisasi. Biasanya masalah tersebut terkait dengan jenis teknologi yang dimanfaatkan, independensi antar bagian atau antar divisi, juga konflik antar divisi dalam organisasi. Persamaan visi dan misi anggota organisasi juga mempengaruhi pengambilan keputusan contohnya tujuan dan sasaran yang hendak dicapai, proses yang meleburkan individu ke dalam kelompok organisasi untuk turut memberikan sumbangan dalam pengambilan keputusan.
Selain lingkungan internal, ada pun lingkungan eksternal yang mempengaruhi pengambilan keputusan. Contohnya dari pihak lain yang memanfaatkan output organisasi, yaitu distributor produk atau jasa dan pemakai produk dan jasa (konsumen). Hukum yang berlaku juga menjadi contoh dari lingkungan eksternal, yaitu hukum konstitusi, hukum adat, kompetitor, keadaan sosial politik, komponen teknologi (memenuhi kebutuhan teknologi baru, perbaikan dan pengembangan produk). Lingkungan eksternal dibagi dua yaitu lingkung eksternal khusus dan lingkungan eksternal umum. Lingkungan Eksternal Khusus adalah lingkungan yang secara langsung relevan mempengaruhi kinerja perusahaan. Lingkungan Eksternal Umum adalah Lingkungan yang tidak terlalu mempengaruhi kinerja perusahaan secara langsung.

Lingkungan Mikro, dimana dalam sebuah perusahaan dapat melakukan aksi – reaksi terhadap faktor – faktor penentu Opportunty (peluang pasar) dan juga Threat (ancaman dari luar). Faktor – faktor yang mempengaruhi, yaitu Pemerintah,pemegang saham(shareholders),kreditor,pesaing, Publik, perantara, pemasok dan konsumen. Lingkungan Makro, dimana perusahaan hanya dapat merespon lingkungan di luar perusahaan.Faktor – faktor yang mempengaruhi : Lingkungan ekonomi, lingkungan teknologi, lingkungan politik hukum (pemerintahan), lingkungan sosial kultur, lingkungan global, lingkungan bisnis, teknologi dan informasi.

Sumber: Drs.Mardiyatmo (Alm.).2008.Kewirausahaan Untuk Kelas X SMK.Jakarta.Yudhistira.

No comments:

Post a Comment