Assalamualaikum wr. wb.
hari ini saya ingin membagikan cara membuat laporan Prakerin (Praktek Kerja Industri) untuk adik adik yang bersekolah di SMK. Biasanya nih pada nggak suka kalau ada revisi. harus bolak balik ke perusahaan, ke sekolah dan kemana mana. untuk nyelesaiin laporan ini. kalau kata guru guru mah, kita tuh berasa anak kuliahan. kalau udah biasa di revisi pas bikin laporan pkl, pasti nanti sudah biasa juga untuk menghadapi skripsi yang di revisi😁. saat ini saya belum tahu bagaimana cara bikin skripsi, karena saya masih maba. jadi saya cuma bisa kasih tau bagaimana sih susunan laporan PKL atau Prakerin? yuk liat di bawah ini
LAPORAN
HASIL PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)
DI
BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG TANJUNG PRIOK
Laporan ini diajukan
sebagai prasyarat untuk mengikuti
Uji Kompetensi Keahlian
(UKK)
Disusun oleh:
Nama :
Dwiayu
Purwindari
NIS :
Program Keahlian : Akuntansi
PEMERINTAH
PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS
PENDIDIKAN
SMK
NEGERI 12 JAKARTA
BIDANG
KEAHLIAN : BISNIS DAN MANAJEMEN
Website
: smk12ku.ning.com, Email:
Jalan
Kebon Bawang XV Tg.Priok
Jakarta
Utara Telp/Fax :
TAHUN
2014/2015
LEMBAR
PENGESAHAN SEKOLAH
Telah diperiksa dan disahkan kepada:
Nama : Dwiayu
Purwindari
NIS :
Jurusan : Akuntansi
Tanggal : 8 April
2015
Disetujui oleh:
Pembimbing PKL
Bertha M Leo
NIP :
Pembimbing Teknis
Sumarti MM
NIP:
Kepala SMK Negeri
12
Dra.Suryani
NIP:
LEMBAR
PENGESAHAN PERUSAHAAN
Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Ini telah disahkan oleh pihak perusahaan:
BPJS KETENAGAKERJAAN
Jakarta, 8 April 2015
Pembimbing Managerial
Sutrisno
Pembimbing Praktik Pembimbing
Praktik
Nasmel Wandi
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Warahmatullahi
Wabarokatuh.
Puji dan syukur
penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan
hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan
ini. Pada dasarnya, tujuan dibuatnya Laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah
untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti Ujian Akhir Nasional dan Ujian
Akhir Sekolah serta untuk melatih siswa/siswi membiasakan diri untuk membaca
dan memahami keadaan lingkungan di luar sekolah penulis berharap dengan
diselesaikan laporan ini, penulis dapat mengetahui lebih dalam mengenai dunia
kerja/industri dalam hal ini BPJS Keternagakerjaan Cabang Tanjung Priok.
Ucapan terima kasih
penulis sampaikan kepada kedua orang tua atas izinnya, bekal dan doa yang telah
diberikan dalam pelaksanaan PKL. Sekolah serta Bapak/Ibu guru yang dengan sukarela
memberikan ilmu serta dukungan, juga tak lupa kepada pihak BPJS Keternagakerjaan
Cabang Tanjung Priok yang telah menyediakan tempat serta sarana dan prasarana selama
dalam proses pelaksanaan PKL yang dilaksanakan pada tanggal 2 Januari sampai dengan 31
Maret. Serta teman-teman semua yang telah menemani hari-hari penulis dalam PKL.
Penulis
berharap semoga dengan terselesaikannya laporan ini dapat menjadi titik tolak penulis
untuk menjadi lebih maju dan bersungguh-sungguh. Penulis juga berharap semoga laporan
ini dapat bermanfaat bagi pembaca dalam menuju perubahan, Aamiin.
Sudah tentu kekurangan-kekurangan akan
terdapat dalam laporan ini.
Karena itu, saran dan kritik yang sifatnya membangun dari setiap pembaca
sangat penulis harapkan, demi kesempurnaan laporan ini.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.
Jakarta, 30 Maret
2015
Penulis
Dwiayu Purwindari
BIODATA SISWA
Nama :
Dwiayu
Purwindari
Tempat Tanggal Lahir :
Jenis Kelamin :
Perempuan
Agama :
Islam
Sekolah : SMK Negeri 12 Jakarta
Jurusan : Akuntansi
No. Telp/HP :
Nama Orang Tua :
a. Ayah :
b. Ibu :
MOTTO
v Mengawali pekerjaan dengan BASMALLAH.
v Kejujuran adalah hal yang paling
utama dalam mengerjakan suatu pekerjaan
v Sabar dalam mengerjakan setiap
pekerjaan.
v Belajar dari kesalahan yang
pernah di lakukan.
v Jangan pernah mengeluh dan selalu
ikhlas melakukan setiap pekerjaan.
v Menerima apapun pekerjaan yang diberikan
v Berusaha untuk memberikan yang terbaik
v Mengerjakan sesuatu dengan penuh semangat
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kegiatan praktek kerja
merupakan kurikulum pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan yang mendukung
kegiatan belajar mengajar siswa melalui kegiatan praktek kerja secara langsung
di dunia kerja sesuai dengan program studi tertentu untuk mencapai keahlian
kerja sebagai bekal untuk bekerja secara profesional.
Untuk mewujudkan tujuan
tersebut, maka diterapakan suatu sistem pendidikan yang dikenal dengan istilah
“Praktek Kerja Industrii (PRAKERIN)”. Sistem ini merupakan suatu bentuk
penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara
sistematis program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian
melalui kegiatan bekerja secara langsung dan terarah untuk mencapai tingkat
keahlian profesional tertentu.
Keahlian profesional
hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang
profesi yang ada dalam dunia kerja.Sehubungan dengan itu, maka siswa SMK pada
jenjang tertentu diwajibkan mengikuti kegiatan praktek kerja secara langsung.
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan
salah satu kegiatan
intrakulikuler yang dilaksanakan oleh siswa Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK),
mencakup pengalaman kerja dan tugas lain yang sesuai dengan program keahliannya masing-masing.
Sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan
menjadi siswa yang siap pakai di masyarakat
B. Tujuan PKL
Praktek Kerja
Industri ( PRAKERIN
) ditunjukan untuk
membentuk supaya memiliki
professional kerja antara
lain :
1.
Meningkatkan,
memperluas dan menetapkan
keterampilan yang membentuk kemampuan
siswa sebagai bekal untuk
memasuki lapangan kerja
yang sesuai dengan
program keahlian dan
disiplin ilmunya.
2.
Menumbuh
kembangkan dan memanfaatkan
siswa professional yang diperlukan
siswa untuk memasuki
lapangan kerja sesuai dengan
bidangnya.
3.
Meningkatkan
pengalaman siswa pada aspek-aspek usaha
yang potensial dalam
lapangan kerja antara lain :
Struktur Organisasi Usaha, Asosiasi Usaha, Jenjang Karir, dan
Menengah Usaha.
4.
Memberikan kesempatan pada siswa
untuk memasyarakatkan diri pada
sesuatu atau iklim
lingkungan kerja yang
sebenarnya, baik sebagai pekerja,
sebagai penerima upah
maupun sebagai pekerja
mandiri, terutama yang berkenaan dengan disiplin kerja.
5.
Meningkatkan,
memperluas dan memantapkan
proses peyerapan teknologi
baru dari lapangan
ke sekolah dan
sebaliknya.
6.
Memperoleh
masukan dan upah
baik untuk memperbaiki
dan mengembangkan kesesuaian
pendidikan kejuruan.
7.
Menjalin kerjasama dengan
dunia usaha secara
institusional untuk memberikan
peluang masuk dan
ditempatkannya alumni.
C. Ruang Lingkup
Penulis menyadari karena adanya keterbatasan
penulis, maka penulis memfokuskan pembahasan pada PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero) SBU Marunda & Tg. Priok
terutama di bagian Pemeliharaan Kawasan atau Pelayanan Fisik sebagai tempat Praktik Kerja Lapangan ( PKL
).
D.
Sistematika Penulisan
Hasil laporan ini disusun dalam 3 (Tiga) Bab yang terdiri dari
susunan sebagai berikut :
Bab I. Pendahuluan; terdiri dari Latar
Belakang, Tujuan PKL
dan Manfaat PKL, Ruang Lingkup Praktik Kerja Lapangan (PKL), Sistematika Penulisan, dan Metode Pengumpulan
Data.
Bab II. Pembahasan;
terdiri dari Profil Perusahaan, Sejarah Perusahaan, Struktur
Organisasi Perusahaan, Daftar Hadir PKL, Kegiatan Kerja.
Bab III. Penutup,
terdiri dari Kesimpulan, dan Saran.
E. Metode Pengumpulan Data
Yang menjadi tekad dan tujuan pengambilan
data yang akan ditulis harus dirumuskan secara spesifik dengan urutan yang
sesuai harus dengan pokok permasalahan. Metode – metode penulisan yang penulis
gunakan dalam pengumpulan laporan ini adalah sebagai berikut :
a.
Observasi Langsung
Disini penulis mengadakan pengamatan langsung
pada karyawan dalam melakukan pekerjaan untuk mendapatkan data untuk membuat
laporan ini.
b.
Praktik Langsung
Penulis melakukan praktik untuk memahami
pekerjaan yang dilakukan agar mendapatkan data untuk laporan ini.
c.
Tanya Jawab
Penulis melakukan tanya jawab kepada karyawan
untuk mengetahui nama atau kegunaan alat dan pekerjaan yang dilakukan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Profil Perusahaan
Data
Perusahaan
Nama Perusahaan : BPJS Ketenagakerjaan Cab Tg. Priok
Bidang Usaha : Jasa dan Pelayanan
Alamat : Komplek
Perkantoran Gading Bukit Indah
Blok I No 5 s/d 8
Kelapa Gading
Jakarta Utara
No Telp :
Kepala Kantor Cabang :
Pembimbing Managerial :
Pembimbing Prakerin :
Akhir Periode Prakerin :
Struktur Organisani Perusahaan
Visi dan Misi
Perusahaan
Visi
Menjadi Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) berkelas dunia,
terpercaya, bersahabat dan unggul dalam Operasional dan Pelayanan.
Misi
Sebagai badan penyelenggara jaminan sosial tenaga
kerja yang memenuhi perlindungan dasar bagi tenaga kerja serta menjadi mitra
terpercaya bagi:
·
Tenaga Kerja: Memberikan perlindungan yang layak
bagi tenaga kerja dan keluarga
·
Pengusaha: Menjadi mitra terpercaya untuk memberikan
perlindungan kepada tenaga kerja dan meningkatkan produktivitas
·
Negara: Berperan serta dalam pembangunan
Motto
Perusahaan
Menjadi Jembatan Menuju
Kesejahteraan Pekerja
Nilai
Nilai Budaya Perusahaan
1. Iman
2.
Profesional
3.
Teladan
4.
Integritas
5.
Kerja sama
Etika
Kerja Pelayanan
1. Team Work
2.
Open Mind
3.
Passion
4.
Action
5.
Sense
Sejarah
Perusahaan
Penyelenggaraan program jaminan
sosial merupakan salah satu tangung jawab dan kewajiban Negara - untuk
memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat. Sesuai dengan kondisi
kemampuan keuangan Negara. Indonesia seperti halnya negara berkembang lainnya,
mengembangkan program jaminan sosial berdasarkan funded social security, yaitu
jaminan sosial yang didanai oleh peserta dan masih terbatas pada masyarakat
pekerja di sektor formal.
Sejarah terbentuknya PT
Jamsostek (Persero) mengalami proses yang panjang, dimulai dari UU No.33/1947
jo UU No.2/1951 tentang kecelakaan kerja, Peraturan Menteri Perburuhan (PMP)
No.48/1952 jo PMP No.8/1956 tentang pengaturan bantuan untuk usaha
penyelenggaraan kesehatan buruh, PMP No.15/1957 tentang pembentukan Yayasan
Sosial Buruh, PMP No.5/1964 tentang pembentukan Yayasan Dana Jaminan Sosial
(YDJS), diberlakukannya UU No.14/1969 tentang Pokok-pokok Tenaga Kerja. Secara
kronologis proses lahirnya asuransi sosial tenaga kerja semakin transparan.
Setelah mengalami kemajuan dan
perkembangan, baik menyangkut landasan hukum, bentuk perlindungan maupun cara
penyelenggaraan, pada tahun 1977 diperoleh suatu tonggak sejarah penting dengan
dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) No.33 tahun 1977 tentang pelaksanaan
program asuransi sosial tenaga kerja (ASTEK), yang mewajibkan setiap pemberi
kerja/pengusaha swasta dan BUMN untuk mengikuti program ASTEK. Terbit pula PP
No.34/1977 tentang pembentukan wadah penyelenggara ASTEK yaitu Perum Astek.
Tonggak penting berikutnya
adalah lahirnya UU No.3 tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja
(JAMSOSTEK). Dan melalui PP No.36/1995 ditetapkannya PT Jamsostek sebagai badan
penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Program Jamsostek memberikan
perlindungan dasar untuk memenuhi kebutuhan minimal bagi tenaga kerja dan
keluarganya, dengan memberikan kepastian berlangsungnya arus penerimaan
penghasilan keluarga sebagai pengganti sebagian atau seluruhnya penghasilan
yang hilang, akibat risiko sosial.
Selanjutnya pada akhir tahun
2004, Pemerintah juga menerbitkan UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan
Sosial Nasional. Undang-undang itu berhubungan dengan Amandemen UUD 1945
tentang perubahan pasal 34 ayat 2, yang kini berbunyi: "Negara
mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan
masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan".
Manfaat perlindungan tersebut dapat memberikan rasa aman kepada pekerja
sehingga dapat lebih berkonsentrasi dalam meningkatkan motivasi maupun
produktivitas kerja.
Kiprah Perusahaan PT Jamsostek
(Persero) yang mengedepankan kepentingan dan hak normatif Tenaga Kerja di
Indonesia dengan memberikan perlindungan 4 (empat) program, yang mencakup
Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari
Tua (JHT) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) bagi seluruh tenaga kerja
dan keluarganya terus berlanjutnya hingga berlakunya UU No 24 Tahun 2011.
Tahun 2011, ditetapkanlah UU No
24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Sesuai dengan amanat
undang-undang, tanggal 1 Januri 2014 PT Jamsostek akan berubah menjadi Badan
Hukum Publik. PT Jamsostek (Persero) yang bertransformsi menjadi BPJS (Badan
Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan tetap dipercaya untuk
menyelenggarakan program jaminan sosial tenaga kerja, yang meliputi JKK, JKM,
JHT dengan penambahan Jaminan Pensiun mulai 1 Juli 2015.
Menyadari besar dan mulianya
tanggung jawab tersebut, BPJS Ketenagakerjaan pun terus meningkatkan kompetensi
di seluruh lini pelayanan sambil mengembangkan berbagai program dan manfaat
yang langsung dapat dinikmati oleh pekerja dan keluarganya.
Kini dengan sistem
penyelenggaraan yang semakin maju, program BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya
memberikan manfaat kepada pekerja dan pengusaha saja, tetapi juga memberikan
kontribusi penting bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi bangsa dan
kesejahteraan masyarakat Indonesia ok.
Fasilitas
( Sarana Prasarana)
BPJS
Ketenagakerjaan Cab. Tj. Priok dilengkapi
dengan sarana dan prasaranayangmenunjang kegiatan dan memberikan kemudahan para
karyawan diantaranya
berupa:
a.
Koperasi
Pada gedung BPJS
Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai satu terdapat Koperasi yang
menyediakan berbagai macam kebutuhan Peserta BPJS dan Karyawan yang berhubungan
dengan kegiatan operasional
b.
Musholah
Pada gedung BPJS
Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai tiga terdapat musholah yang
digunakan untuk kegiatan peribadatan
c.
Ruang Konseling
Pada gedung BPJS
Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai satu terdapat ruang khusus yang
disediakan untuk konsultasi antara peserta dengan pembina perusahaan yang
bersangkutan
d.
Loket Bank
Pada gedung BPJS
Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai satu terdapat bank mini yang
digunakan untuk mempermudah jalannya transaksi pembayaran
e.
Ruang Rapat
Pada gedung BPJS
Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai dua dan tiga terdapat ruang rapat
yang digunakan untuk diskusi atau rapat bersama
f.
Ruang Pelayanan
Pada gedung BPJS
Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai saturuang pelayanan yang
digunakan sebagai pusat informasi mengenai Jaminan Sosial Tenaga Kerja
(JAMSOSTEK)
g.
Ruang Tunggu Tamu
Pada gedung BPJS
Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada setiap lantai terdapat ruang tunggu
untuk tamu
h.
Ruang Penyimpanan ATK
Pada gedung BPJS
Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai dua terdapat ruang penyimpanan
ATK
i.
Ruang Arsip
Pada gedung BPJS
Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai tiga terdapat ruang khusus yang
digunakan sebagai tempat penyimpanan arsip dan data perusahaan
Waktu Pelaksanaan PKL
Waktu untuk melaksanakan
Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) adalah mulai dari
tanggal 2
Januari 2015 s/d 31 Maret 2015. Praktik Kerja lapangan ( PKL ) di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Priok dimulai
dari hari Senin – Jumat pukul
08.00 WIB –
17.00 WIB yang terdapat jam istirahat pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB.
Hasil Kerja
DAFTAR KEGIATAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
No
|
Hari, Tgl Tempat
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Paraf Instruktur
|
||
Mulai
|
Selesai
|
|||||
1
|
Jumat
|
02-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Membuat no NPP untuk map gantung
Mengurutkan no NPP
Membuat Arsiparis pemasaran
|
|
2
|
Senin
|
05-Jan-15
|
08 00
|
17.00
|
Mengarsipkan dokumen
Mengklasifikasikan berkas
Mengurutkan map gantung
|
|
3
|
Selasa
|
06-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Menulis arsiparis pemasaran
Mengarsipkan dokumen
Mengurutkan map gantung
|
|
4
|
Rabu
|
07-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Menulis arsiparis pemasaran
Mengarsipkan dokumen
Mengurutkan map gantung
|
|
5
|
Kamis
|
08-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Menulis arsiparis pemasaran
Mengarsipkan dokumen
Mengurutkan map gantung
Membuat no NPP untuk map gantung
|
|
6
|
Jumat
|
09-Jan-15
|
08 00
|
17.00
|
Menulis arsiparis pemasaran
Mengarsipkan dokumen
Mengurutkan map gantung
|
|
7
|
Senin
|
12-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Menulis arsiparis pemasaran
Mengarsipkan dokumen
Mengurutkan map gantung
Membuat no NPP untuk map gantung
|
|
KEPALA BAGIAN
Sutrisno
8
|
Selasa
|
13-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Menulis arsiparis
Membolongi kertas
Memindahkan arsip ke dalam map tali
|
|
9
|
Rabu
|
14-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Membolongi kertas
Memindahkan arsip ke dalam map tali
Menulis arsiparis
|
|
10
|
Kamis
|
15-Jan-15
|
08 00
|
17.00
|
Membolongi kertas
Memindahkan arsip ke dalam map tali
Menulis arsiparis
|
|
11
|
Jumat
|
16-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Menulis arsiparis pemasaran
Mengarsipkan dokumen
Mengurutkan map gantung
|
|
12
|
Senin
|
19-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Meminta rekening koran
|
|
13
|
Selasa
|
20-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Fotocopy
|
|
KEPALA BAGIAN
Sutrisno
14
|
Rabu
|
21-Jan-15
|
08 00
|
17.00
|
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Meminta rekening koran
|
|
15
|
Kamis
|
22-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
|
|
16
|
Jumat
|
23-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Meminta rekening koran
|
|
17
|
Senin
|
26-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Fotocopy
|
|
18
|
Selasa
|
27-Jan-15
|
08 00
|
17.00
|
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Fotocopy
Menyusun formulir pendaftaran
|
|
KEPALA BAGIAN
Sutrisno
19
|
Rabu
|
28-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Meminta rekening koran
Menyusun formulir pendaftaran
|
|
20
|
Kamis
|
29-Jan-15
|
08.00
|
17.00
|
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Mencetak materai untuk voucher
Mencari berkas
|
|
21
|
Jumat
|
30-Jan-15
|
08 00
|
17.00
|
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Mencetak materai untuk voucher
Mencari berkas
|
|
22
|
Senin
|
02-Feb-15
|
08.00
|
17.00
|
Mencatat surat masuk
Mencatat surat keluar
Mencatat memo pencairan
Mencatat SPPD
Mendisposisikan surat
Membagikan surat
Fotocopy
|
|
KEPALA BAGIAN
Sutrisno
23
|
Selasa
|
03-Feb-15
|
08.00
|
17.00
|
Mencatat surat masuk
Mencatat surat keluar
Mencatat memo pencairan
Mencatat SPPD
Mendisposisikan surat
Membagikan surat
Fotocopy
|
|
24
|
Rabu
|
04-Feb-15
|
08.00
|
17.00
|
Mencatat surat masuk
Mencatat surat keluar
Mencatat memo pencairan
Mencatat SPPD
Mendisposisikan surat
Membagikan surat
Fotocopy
|
|
25
|
Kamis
|
05-Feb-15
|
08 00
|
17.00
|
Mencatat surat masuk
Mencatat surat keluar
Mencatat memo pencairan
Mencatat SPPD
Mendisposisikan surat
Membagikan surat
Fotocopy
|
|
26
|
Jumat
|
06-Feb-15
|
08.00
|
17.00
|
Mencatat surat masuk
Mencatat surat keluar
Mencatat memo pencairan
Mencatat SPPD
Mendisposisikan surat
Membagikan surat
Fotocopy
|
|
KEPALA BAGIAN
Sutrisno
27
|
Senin
|
09-Feb-15
|
-
|
-
|
-
|
-
|
28
|
Selasa
|
10-Feb-15
|
-
|
-
|
-
|
-
|
29
|
Rabu
|
11-Feb-15
|
-
|
-
|
-
|
-
|
30
|
Kamis
|
12-Feb-15
|
08.00
|
17.00
|
Mencatat surat masuk
Mencatat surat keluar
Mencatat memo pencairan
Mencatat SPPD
Mendisposisikan surat
Membagikan surat
Fotocopy
Menginput data gaji karyawan
|
|
31
|
Jumat
|
13-Feb-15
|
08.00
|
17.00
|
Mencatat surat masuk
Mencatat surat keluar
Mencatat memo pencairan
Mencatat SPPD
Mendisposisikan surat
Membagikan surat
Fotocopy
|
|
32
|
Senin
|
16-Feb-15
|
08.00
|
17.00
|
Merapikan arsiparis
Membuat surat
Menginput data gaji karyawan
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran
|
|
33
|
Selasa
|
17-Feb-15
|
08 00
|
17.00
|
Merapikan arsiparis
Mengarsipkan dokumen
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran
|
|
KEPALA BAGIAN
Sutrisno
34
|
Rabu
|
18-Feb-15
|
08.00
|
17.00
|
Fotocopy
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran
Memasukan surat ke dalam amplop
|
|
35
|
Kamis
|
19-Feb-15
|
08.00
|
17.00
|
Merapikan arsiparis
Mengarsipkan dokumen
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran
Memasukan surat ke dalam amplop
|
|
36
|
Jumat
|
20-Feb-15
|
08.00
|
17.00
|
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran
Memasukan surat ke dalam amplop
|
|
37
|
Senin
|
23-Feb-15
|
08 00
|
17.00
|
Fotocopy
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran
Memasukan surat ke dalam amplop
|
|
38
|
Selasa
|
24-Feb-15
|
08.00
|
17.00
|
Merapikan arsiparis
Mengarsipkan dokumen
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran
Memasukan surat ke dalam amplop
|
|
39
|
Rabu
|
25-Feb-15
|
08.00
|
17.00
|
Merapikan arsiparis
Mengarsipkan dokumen
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menginput data gaji karyawan
|
|
40
|
Kamis
|
26-Feb-15
|
08.00
|
17.00
|
Merapikan arsiparis
Mengarsipkan dokumen
Memisahkan RSJHT dari karbon
|
|
KEPALA BAGIAN
Sutrisno
41
|
Jumat
|
27-Feb-15
|
08 00
|
17.00
|
Merapikan arsiparis
Mengarsipkan dokumen
Memisahkan RSJHT dari karbon
Membuat surat
Menulis nama perusahaan
|
|
42
|
Senin
|
02-Mar-15
|
08.00
|
17.00
|
Memisahkan RSJHT dari karbon
Membuat surat
Menulis nama perusahaan
|
|
43
|
Selasa
|
03-Mar-15
|
08.00
|
17.00
|
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menginput data gaji karyawan
Menulis nama perusahaan
|
|
44
|
Rabu
|
04-Mar-15
|
08.00
|
17.00
|
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menginput data gaji karyawan
Menulis nama perusahaan
|
|
45
|
Kamis
|
05-Mar-15
|
08 00
|
17.00
|
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran BPJS
Fotocopy
Menulis nama perusahaan
|
|
46
|
Jumat
|
06-Mar-15
|
08.00
|
17.00
|
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran BPJS
Menginput data gaji karyawan
Fotocopy
Menulis nama perusahaan
|
|
47
|
Senin
|
09-Mar-15
|
08.00
|
17.00
|
Memisahkan RSJHT darii karbon
Menulis nama perusahaan
Fotocopy
Mengarsipkan dokumen
|
|
48
|
Selasa
|
10-Mar-15
|
08.00
|
17.00
|
Memisahkan RSJHT darii karbon
Menulis nama perusahaan
Fotocopy
Mengarsipkan dokumen
|
|
49
|
Rabu
|
11-Mar-15
|
08 00
|
17.00
|
Memisahkan RSJHT darii karbon
Menulis nama perusahaan
Fotocopy
Mengarsipkan dokumen
|
|
KEPALA BAGIAN
Sutrisno
BAB
IV
PENUTUP
Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas segala rahmat yang telah
dilimpahkan oleh Allah SWT, bahwa penulis telah mendapat dukungan dari berbagai
pihak dalam menyelesaikan laporan ini dengan baik tanpa mengalami hambatan
berarti.
Keberhasilan pelaksanaan Praktik Kerja Industri ini sangat dibutuhkan oleh
para siswa/siswi agar bisa mengikuti salah satu syarat untuk menempuh UAS/UAN,
sehingga dengan dibuatnya laporan Prakerin ini diharapkan dapat dijadikan acuan
bagi kelancaran pelaksanaan Praktik Kerja Industri. Terutama pada tahap awal
kerja berkaitan dengan paket keahlian yang ada di Dunia Usaha / Dunia Industri.
Dengan
dibuatnya laporan ini minimal diharapkan juga ada kesamaan Visi antara pihak
sekolah dengan dunia usaha sebagai industri pasangan.
Penulis
mengharapkan agar semua penjelasan didalam laporan yang telah tersusun dengan
rapi sesuai dengan tujuan siswa/siswi ini .Penulis telah berusaha supaya isi dari laporan ini dapat dengan mudah dimengerti serta dipahami bagi para membacanya.
Saran serta kritik
membangun demi perbaikan penulisan laporan, penulis nantikan agar dalam penyusunan laporan
selanjutnya dapat tersajikan dengan lebih baik dan lebih sempurna lagi.
Penulis
mengucapkan banyak terima kasih semua kepada pihak yang telah banyak membantu dan
membimbing dalam menyelesaikan laporan ini, serta besar harapan penulis agar
laporan yang penulis susun dapat bermanfaat bagi semua pihak, Amin Ya Robbal Alamin.
Akhir kata dari saya, semoga apa
yang saya sajikan dalam laporan ini dapat berguna bagi seluruh pembaca
sekalian.
KESIMPULAN
Dari
pembahasan laporan kerja bisnis tersebut, penulis dapat mengambil kesimpulan
antara lain :
a.
BPJS
Ketenagakerjaan merupakan salah satu badan penyeleggara jaminan social yang
memenuhi perlindungan dasar bagi tenaga kerja.
b.
Sebagai
badan penyeleggara jaminan social harus mempunyai nilai-nilai dari iman,
professional, teladan, integritas, kerjasama.
c.
Menambah
wawasan, pengetahuan, pengalaman dan mengetahui secara langsung tentang dunia
kerja.
A.
SARAN
Setelah
melaksanakan Praktik Kerja Industri, penulis mendapatkan banyak sekali
pelajaran serta pengalaman yang berharga. Dengan segala kerendahan hati penulis
akan menyampaikan saran-saran untuk pihak industri maupun pihak sekolah.
Penulis berharap semoga saran-saran ini merupakan saran yang bisa membangun
untuk pihak industri maupun pihak sekolah.
Beberapa saran
yang hendak penulis sampaikan diharapkan dapat membantu proses evaluasi dan
sebagai bahan acuan bagi pelaksanaan Prakerin untuk masa yang akan datang.
Selain itu, saran-saran ini merupakan suatu wujud kepedulian penulis terhadap
kemajuan dunia pendidikan yang berkembang begitu pesatnya.
1.
Saran untuk Pihak Sekolah
Adapun saran yang akan saya sampaikan antara lain:
a. Pemberian informasi serta gambaran mengenai kondisi dan
suasana diIndustri kepada siswa yang akan melaksanakan Prakerin
hendaknyadiperluas lagi mengingat beragamnya dunia industri.
b. Sekolah hendaknya
melakukan monitoring
terhadap siswa yang melakukan Prakerin lebih sering lagi guna mengetahui secara
langsung kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa dalam menghadapi Prakerin.
c. Sarana dan prasarana terutama yang menunjang kegiatan
belajar produktif lebih ditingkatkan lagi, agar dapat memotivasi para
siswa untuk belajarlebih giat lagi.
d. Pembimbing yang ditunjuk sekolah diharapkan dapat lebih
mengoptimalkan profesionalismenya demi kelancaran kegiatan prakerin.
Daftar Pustaka
Nah, itu dia contoh cara bikin laporan PKL. kalau mau filenya silahkan hubungi saya lewat email dpurwindari@gmail.com itupun kalau saya masih punya filenya buat kamu yang sering kena revisi, sabar saja ya. karena semua pasti berlalu.
mau filenya dong kak
ReplyDeletekak saya mau nanya itu yang bagian daftar pusaka di isi nya buat bagian apa kak?
ReplyDeleteKak mau filenya dong
ReplyDeleteKak mau filenya
ReplyDeleteHalo, jika ada yang mau file contoh laporan pklnya, langsung email ke dpurwindari@gmail.com aja ya. Inshaa allah akan saya balas secepatnya kalah tidak sibuk. Terima kasih 🙏
ReplyDeleteKak ada kah nomor wa agar kirim nya di wa aja kak
Deleteassalamualaikum ka,salam kenal semoga pesan email saya dibaca ya ka��
DeleteMANTAP
ReplyDeletefile nya ada ngga ka? bagiin
ReplyDeleteKak saya mau tanya
ReplyDeleteFile nya gak ada atau gak ada bacaan di download?
Kalau ada tolong kirim kak
Terima kasih kak😊
ReplyDeleteka mau kirim file nya, masii ada ga?
ReplyDeletemau file nyaa
ReplyDelete