Tuesday 3 January 2017

Contoh Laporan Prakerin Untuk SMK Akuntansi



Assalamualaikum wr. wb.
hari ini saya ingin membagikan cara membuat laporan Prakerin (Praktek Kerja Industri) untuk adik adik yang bersekolah di SMK. Biasanya nih pada nggak suka kalau ada revisi. harus bolak balik ke perusahaan, ke sekolah dan kemana mana. untuk nyelesaiin laporan ini. kalau kata guru guru mah, kita tuh berasa anak kuliahan. kalau udah biasa di revisi pas bikin laporan pkl, pasti nanti sudah biasa juga untuk menghadapi skripsi yang di revisi😁. saat ini saya belum tahu bagaimana cara bikin skripsi, karena saya masih maba. jadi saya cuma bisa kasih tau bagaimana sih susunan laporan PKL atau Prakerin? yuk liat di bawah ini


LAPORAN HASIL PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)
DI
BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG TANJUNG PRIOK

Laporan ini diajukan sebagai prasyarat untuk mengikuti
Uji Kompetensi Keahlian (UKK)




Disusun oleh:
Nama                        : Dwiayu Purwindari
NIS                           : 
Program Keahlian    : Akuntansi             

PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA
DINAS PENDIDIKAN
SMK NEGERI 12 JAKARTA
BIDANG KEAHLIAN : BISNIS DAN MANAJEMEN
Website : smk12ku.ning.com, Email: 
Jalan Kebon Bawang XV Tg.Priok
Jakarta Utara Telp/Fax : 
TAHUN 2014/2015

LEMBAR PENGESAHAN SEKOLAH

Telah diperiksa dan disahkan kepada:

Nama                   :    Dwiayu Purwindari
NIS                      :   
Jurusan                :    Akuntansi
Tanggal                :    8 April 2015










                                                   Disetujui oleh:



Pembimbing PKL
Bertha M Leo




NIP :
Pembimbing Teknis
Sumarti MM




NIP:


                                                                                     

Kepala SMK Negeri 12



Dra.Suryani
NIP:


LEMBAR PENGESAHAN PERUSAHAAN

Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL)
Ini telah disahkan oleh pihak perusahaan:


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/0/0c/Logo_BPJS_Ketenagakerjaan.jpg/260px-Logo_BPJS_Ketenagakerjaan.jpg

BPJS KETENAGAKERJAAN



Jakarta, 8 April 2015




Pembimbing Managerial
Sutrisno

         Pembimbing Praktik                                             Pembimbing Praktik
Nasmel Wandi



                                                                                                                  



KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan hidayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Praktek Kerja Lapangan ini. Pada dasarnya, tujuan dibuatnya Laporan Praktek Kerja Lapangan ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam mengikuti Ujian Akhir Nasional dan Ujian Akhir Sekolah serta untuk melatih siswa/siswi membiasakan diri untuk membaca dan memahami keadaan lingkungan di luar sekolah penulis berharap dengan diselesaikan laporan ini, penulis dapat mengetahui lebih dalam mengenai dunia kerja/industri dalam hal ini BPJS Keternagakerjaan Cabang Tanjung Priok.
Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada kedua orang tua atas izinnya, bekal dan doa yang telah diberikan dalam pelaksanaan PKL. Sekolah serta Bapak/Ibu guru yang dengan sukarela memberikan ilmu serta dukungan, juga tak lupa kepada pihak BPJS Keternagakerjaan Cabang Tanjung Priok yang telah menyediakan tempat serta sarana dan prasarana selama dalam proses pelaksanaan PKL yang dilaksanakan pada tanggal 2 Januari sampai dengan 31 Maret. Serta teman-teman semua yang telah menemani hari-hari penulis dalam PKL.
            Penulis berharap semoga dengan terselesaikannya laporan ini dapat menjadi titik tolak penulis untuk menjadi lebih maju dan bersungguh-sungguh. Penulis juga berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dalam menuju perubahan, Aamiin.
Sudah tentu kekurangan-kekurangan akan terdapat dalam laporan ini.
Karena itu, saran dan kritik yang sifatnya membangun dari setiap pembaca sangat penulis harapkan, demi kesempurnaan laporan ini.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.


Jakarta, 30 Maret 2015
              Penulis          



          Dwiayu Purwindari 

BIODATA SISWA

Nama                                       : Dwiayu Purwindari

Tempat Tanggal Lahir             :

Jenis Kelamin                          : Perempuan

Agama                                     : Islam

Sekolah                                   : SMK Negeri 12 Jakarta

Jurusan                                    : Akuntansi

No. Telp/HP                            :

Nama Orang Tua :

a. Ayah                                    : 

b. Ibu                                       : 

MOTTO
                                          
v Mengawali pekerjaan dengan  BASMALLAH.

v Kejujuran adalah hal yang paling utama dalam mengerjakan suatu pekerjaan

v Sabar dalam mengerjakan setiap pekerjaan.

v Belajar dari kesalahan yang pernah di lakukan.

v Jangan pernah mengeluh dan selalu ikhlas melakukan  setiap pekerjaan.

v Menerima apapun pekerjaan yang diberikan

v Berusaha untuk memberikan yang terbaik

v Mengerjakan sesuatu dengan penuh semangat





BAB I
PENDAHULUAN



A.    Latar Belakang
Kegiatan praktek kerja merupakan kurikulum pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan yang mendukung kegiatan belajar mengajar siswa melalui kegiatan praktek kerja secara langsung di dunia kerja sesuai dengan program studi tertentu untuk mencapai keahlian kerja sebagai bekal untuk bekerja secara profesional.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka diterapakan suatu sistem pendidikan yang dikenal dengan istilah “Praktek Kerja Industrii (PRAKERIN)”. Sistem ini merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematis program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian melalui kegiatan bekerja secara langsung dan terarah untuk mencapai tingkat keahlian profesional tertentu.

Keahlian profesional hanya dapat dikuasai melalui cara mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi yang ada dalam dunia kerja.Sehubungan dengan itu, maka siswa SMK pada jenjang tertentu diwajibkan mengikuti kegiatan praktek kerja secara langsung.

Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan salah satu kegiatan intrakulikuler  yang  dilaksanakan oleh  siswa  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), mencakup  pengalaman  kerja  dan  tugas  lain  yang  sesuai  dengan  program keahliannya  masing-masing. Sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan menjadi siswa yang siap pakai di masyarakat

B.     Tujuan PKL
Praktek  Kerja  Industri  (  PRAKERIN  )  ditunjukan  untuk  membentuk  supaya  memiliki  professional  kerja  antara  lain  :
1.      Meningkatkan,  memperluas  dan  menetapkan  keterampilan yang  membentuk  kemampuan  siswa sebagai  bekal  untuk  memasuki  lapangan  kerja  yang  sesuai  dengan  program  keahlian  dan  disiplin  ilmunya.
2.      Menumbuh  kembangkan  dan  memanfaatkan  siswa professional  yang  diperlukan  siswa  untuk  memasuki  lapangan  kerja  sesuai dengan  bidangnya.
3.      Meningkatkan  pengalaman  siswa  pada aspek-aspek  usaha  yang  potensial  dalam  lapangan kerja antara  lain  :  Struktur Organisasi Usaha, Asosiasi Usaha, Jenjang  Karir, dan  Menengah  Usaha.
4.      Memberikan kesempatan  pada siswa  untuk  memasyarakatkan  diri pada  sesuatu  atau  iklim  lingkungan  kerja  yang  sebenarnya, baik  sebagai  pekerja,  sebagai  penerima  upah  maupun  sebagai  pekerja  mandiri,  terutama  yang berkenaan dengan disiplin  kerja.
5.      Meningkatkan,  memperluas  dan  memantapkan  proses  peyerapan  teknologi  baru  dari  lapangan  ke  sekolah  dan  sebaliknya.
6.      Memperoleh  masukan  dan  upah  baik  untuk  memperbaiki  dan  mengembangkan  kesesuaian  pendidikan  kejuruan.
7.      Menjalin kerjasama  dengan  dunia  usaha  secara  institusional untuk memberikan  peluang  masuk  dan  ditempatkannya alumni.

C.    Ruang Lingkup
              Penulis menyadari karena adanya keterbatasan penulis, maka penulis memfokuskan pembahasan pada PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero) SBU Marunda & Tg. Priok terutama di bagian Pemeliharaan Kawasan atau Pelayanan Fisik sebagai tempat Praktik Kerja Lapangan ( PKL ).


D.    Sistematika Penulisan
       Hasil laporan ini disusun dalam 3 (Tiga) Bab yang terdiri dari susunan sebagai berikut :
Bab I.           Pendahuluan; terdiri dari Latar Belakang, Tujuan PKL dan Manfaat PKL, Ruang Lingkup Praktik Kerja Lapangan (PKL), Sistematika Penulisan, dan Metode Pengumpulan Data.
Bab II.          Pembahasan; terdiri dari Profil Perusahaan, Sejarah Perusahaan, Struktur Organisasi Perusahaan, Daftar Hadir PKL, Kegiatan Kerja.
Bab III.        Penutup, terdiri dari Kesimpulan, dan Saran.
E.     Metode Pengumpulan Data
              Yang menjadi tekad dan tujuan pengambilan data yang akan ditulis harus dirumuskan secara spesifik dengan urutan yang sesuai harus dengan pokok permasalahan. Metode – metode penulisan yang penulis gunakan dalam pengumpulan laporan ini adalah sebagai berikut :
a.       Observasi Langsung
Disini penulis mengadakan pengamatan langsung pada karyawan dalam melakukan pekerjaan untuk mendapatkan data untuk membuat laporan ini.
b.      Praktik Langsung
Penulis melakukan praktik untuk memahami pekerjaan yang dilakukan agar mendapatkan data untuk laporan ini.
c.       Tanya Jawab
Penulis melakukan tanya jawab kepada karyawan untuk mengetahui nama atau kegunaan alat dan pekerjaan yang dilakukan.  




BAB II
PEMBAHASAN
A.          Profil Perusahaan
Data Perusahaan
Nama Perusahaan                 :      BPJS Ketenagakerjaan Cab Tg. Priok
Bidang Usaha                       :      Jasa dan Pelayanan
Alamat                                  :      Komplek Perkantoran Gading Bukit Indah
                                                    Blok I No 5 s/d 8 Kelapa Gading
                                                    Jakarta Utara
No Telp                                :    
Kepala Kantor Cabang         :  
Pembimbing Managerial       :     
Pembimbing Prakerin           :      
Akhir Periode Prakerin         :      















Struktur organ_company.jpgStruktur Organisani Perusahaan
Visi dan Misi Perusahaan
Visi
Menjadi Badan penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) berkelas dunia, terpercaya, bersahabat dan unggul dalam Operasional dan Pelayanan.
Misi
Sebagai badan penyelenggara jaminan sosial tenaga kerja yang memenuhi perlindungan dasar bagi tenaga kerja serta menjadi mitra terpercaya bagi:
·         Tenaga Kerja: Memberikan perlindungan yang layak bagi tenaga kerja dan keluarga
·         Pengusaha: Menjadi mitra terpercaya untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dan meningkatkan produktivitas
·         Negara: Berperan serta dalam pembangunan
Motto Perusahaan
Menjadi Jembatan Menuju Kesejahteraan Pekerja
Nilai Nilai Budaya Perusahaan
1.      Iman
2.      Profesional
3.      Teladan
4.      Integritas
5.      Kerja sama
Etika Kerja Pelayanan
1.      Team Work
2.      Open Mind
3.      Passion
4.      Action
5.      Sense
Sejarah Perusahaan
Penyelenggaraan program jaminan sosial merupakan salah satu tangung jawab dan kewajiban Negara - untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat. Sesuai dengan kondisi kemampuan keuangan Negara. Indonesia seperti halnya negara berkembang lainnya, mengembangkan program jaminan sosial berdasarkan funded social security, yaitu jaminan sosial yang didanai oleh peserta dan masih terbatas pada masyarakat pekerja di sektor formal.
Sejarah terbentuknya PT Jamsostek (Persero) mengalami proses yang panjang, dimulai dari UU No.33/1947 jo UU No.2/1951 tentang kecelakaan kerja, Peraturan Menteri Perburuhan (PMP) No.48/1952 jo PMP No.8/1956 tentang pengaturan bantuan untuk usaha penyelenggaraan kesehatan buruh, PMP No.15/1957 tentang pembentukan Yayasan Sosial Buruh, PMP No.5/1964 tentang pembentukan Yayasan Dana Jaminan Sosial (YDJS), diberlakukannya UU No.14/1969 tentang Pokok-pokok Tenaga Kerja. Secara kronologis proses lahirnya asuransi sosial tenaga kerja semakin transparan.
Setelah mengalami kemajuan dan perkembangan, baik menyangkut landasan hukum, bentuk perlindungan maupun cara penyelenggaraan, pada tahun 1977 diperoleh suatu tonggak sejarah penting dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) No.33 tahun 1977 tentang pelaksanaan program asuransi sosial tenaga kerja (ASTEK), yang mewajibkan setiap pemberi kerja/pengusaha swasta dan BUMN untuk mengikuti program ASTEK. Terbit pula PP No.34/1977 tentang pembentukan wadah penyelenggara ASTEK yaitu Perum Astek.
Tonggak penting berikutnya adalah lahirnya UU No.3 tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK). Dan melalui PP No.36/1995 ditetapkannya PT Jamsostek sebagai badan penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Program Jamsostek memberikan perlindungan dasar untuk memenuhi kebutuhan minimal bagi tenaga kerja dan keluarganya, dengan memberikan kepastian berlangsungnya arus penerimaan penghasilan keluarga sebagai pengganti sebagian atau seluruhnya penghasilan yang hilang, akibat risiko sosial.
Selanjutnya pada akhir tahun 2004, Pemerintah juga menerbitkan UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Undang-undang itu berhubungan dengan Amandemen UUD 1945 tentang perubahan pasal 34 ayat 2, yang kini berbunyi: "Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan". Manfaat perlindungan tersebut dapat memberikan rasa aman kepada pekerja sehingga dapat lebih berkonsentrasi dalam meningkatkan motivasi maupun produktivitas kerja.
Kiprah Perusahaan PT Jamsostek (Persero) yang mengedepankan kepentingan dan hak normatif Tenaga Kerja di Indonesia dengan memberikan perlindungan 4 (empat) program, yang mencakup Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) bagi seluruh tenaga kerja dan keluarganya terus berlanjutnya hingga berlakunya UU No 24 Tahun 2011.
Tahun 2011, ditetapkanlah UU No 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Sesuai dengan amanat undang-undang, tanggal 1 Januri 2014 PT Jamsostek akan berubah menjadi Badan Hukum Publik. PT Jamsostek (Persero) yang bertransformsi menjadi BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan tetap dipercaya untuk menyelenggarakan program jaminan sosial tenaga kerja, yang meliputi JKK, JKM, JHT dengan penambahan Jaminan Pensiun mulai 1 Juli 2015.
Menyadari besar dan mulianya tanggung jawab tersebut, BPJS Ketenagakerjaan pun terus meningkatkan kompetensi di seluruh lini pelayanan sambil mengembangkan berbagai program dan manfaat yang langsung dapat dinikmati oleh pekerja dan keluarganya.
Kini dengan sistem penyelenggaraan yang semakin maju, program BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya memberikan manfaat kepada pekerja dan pengusaha saja, tetapi juga memberikan kontribusi penting bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi bangsa dan kesejahteraan masyarakat Indonesia ok.
Fasilitas ( Sarana Prasarana)
BPJS Ketenagakerjaan  Cab. Tj. Priok dilengkapi dengan sarana dan prasaranayangmenunjang kegiatan dan memberikan kemudahan para karyawan diantaranya berupa:
a.       Koperasi
Pada gedung BPJS Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai satu terdapat Koperasi yang menyediakan berbagai macam kebutuhan Peserta BPJS dan Karyawan yang berhubungan dengan kegiatan operasional

b.      Musholah
Pada gedung BPJS Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai tiga terdapat musholah yang digunakan untuk kegiatan peribadatan
c.       Ruang Konseling
Pada gedung BPJS Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai satu terdapat ruang khusus yang disediakan untuk konsultasi antara peserta dengan pembina perusahaan yang bersangkutan
d.      Loket Bank
Pada gedung BPJS Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai satu terdapat bank mini yang digunakan untuk mempermudah jalannya transaksi pembayaran
e.       Ruang Rapat
Pada gedung BPJS Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai dua dan tiga terdapat ruang rapat yang digunakan untuk diskusi atau rapat bersama
f.       Ruang Pelayanan
Pada gedung BPJS Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai saturuang pelayanan yang digunakan sebagai pusat informasi mengenai Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK)
g.      Ruang Tunggu Tamu
Pada gedung BPJS Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada setiap lantai terdapat ruang tunggu untuk tamu
h.      Ruang Penyimpanan ATK
Pada gedung BPJS Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai dua terdapat ruang penyimpanan ATK
i.        Ruang Arsip
Pada gedung BPJS Ketenagakerjaan Cab Tanjung Priok Pada lantai tiga terdapat ruang khusus yang digunakan sebagai tempat penyimpanan arsip dan data perusahaan


Waktu Pelaksanaan PKL
Waktu untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan ( PKL ) adalah mulai dari tanggal 2 Januari 2015 s/d 31 Maret 2015. Praktik Kerja lapangan ( PKL ) di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjung Priok dimulai dari hari Senin – Jumat pukul 08.00 WIB – 17.00 WIB yang terdapat jam istirahat pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB.




Hasil Kerja
DAFTAR KEGIATAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN
No
Hari, Tgl Tempat
Waktu
Kegiatan
Paraf Instruktur
Mulai
Selesai
1
Jumat
02-Jan-15
08.00
17.00
Membuat no NPP untuk map gantung
Mengurutkan no NPP
Membuat Arsiparis pemasaran

2
Senin
05-Jan-15
08 00
17.00
Mengarsipkan dokumen
Mengklasifikasikan berkas
Mengurutkan map gantung

3
Selasa
06-Jan-15
08.00
17.00
Menulis arsiparis pemasaran
Mengarsipkan dokumen
Mengurutkan map gantung

4
Rabu
07-Jan-15
08.00
17.00
Menulis arsiparis pemasaran
Mengarsipkan dokumen
Mengurutkan map gantung

5
Kamis
08-Jan-15
08.00
17.00
Menulis arsiparis pemasaran
Mengarsipkan dokumen
Mengurutkan map gantung
Membuat no NPP untuk map gantung

6
Jumat
09-Jan-15
08 00
17.00
Menulis arsiparis pemasaran
Mengarsipkan dokumen
Mengurutkan map gantung

7
Senin
12-Jan-15
08.00
17.00
Menulis arsiparis pemasaran
Mengarsipkan dokumen
Mengurutkan map gantung
Membuat no NPP untuk map gantung


KEPALA BAGIAN


Sutrisno


8
Selasa
13-Jan-15
08.00
17.00
 Menulis arsiparis
Membolongi kertas
Memindahkan arsip ke dalam map tali

9
Rabu
14-Jan-15
08.00
17.00
Membolongi kertas
Memindahkan arsip ke dalam map tali
Menulis arsiparis

10
Kamis
15-Jan-15
08 00
17.00
Membolongi kertas
Memindahkan arsip ke dalam map tali
Menulis arsiparis

11
Jumat
16-Jan-15
08.00
17.00
Menulis arsiparis pemasaran
Mengarsipkan dokumen
Mengurutkan map gantung

12
Senin
19-Jan-15
08.00
17.00
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Meminta rekening koran

13
Selasa
20-Jan-15
08.00
17.00
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Fotocopy


KEPALA BAGIAN

Sutrisno 

14
Rabu
21-Jan-15
08 00
17.00
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Meminta rekening koran

15
Kamis
22-Jan-15
08.00
17.00
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi

16
Jumat
23-Jan-15
08.00
17.00
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Meminta rekening koran

17
Senin
26-Jan-15
08.00
17.00
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Fotocopy

18
Selasa
27-Jan-15
08 00
17.00
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Fotocopy
Menyusun formulir pendaftaran


KEPALA BAGIAN

Sutrisno

19
Rabu
28-Jan-15
08.00
17.00
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Meminta rekening koran
Menyusun formulir pendaftaran

20
Kamis
29-Jan-15
08.00
17.00
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Mencetak materai untuk voucher
Mencari berkas

21
Jumat
30-Jan-15
08 00
17.00
Merapikan voucher transaksi
Meminta tanda tangan untuk voucher transaksi
Menstempel voucher transaksi
Menyusun voucher transaksi sesuai tanggal
Mencetak materai untuk voucher
Mencari berkas

22
Senin
02-Feb-15
08.00
17.00
Mencatat surat masuk
Mencatat surat keluar
Mencatat memo pencairan
Mencatat SPPD
Mendisposisikan surat
Membagikan surat
Fotocopy


KEPALA BAGIAN

Sutrisno


23
Selasa
03-Feb-15
08.00
17.00
Mencatat surat masuk
Mencatat surat keluar
Mencatat memo pencairan
Mencatat SPPD
Mendisposisikan surat
Membagikan surat
Fotocopy

24
Rabu
04-Feb-15
08.00
17.00
Mencatat surat masuk
Mencatat surat keluar
Mencatat memo pencairan
Mencatat SPPD
Mendisposisikan surat
Membagikan surat
Fotocopy

25
Kamis
05-Feb-15
08 00
17.00
Mencatat surat masuk
Mencatat surat keluar
Mencatat memo pencairan
Mencatat SPPD
Mendisposisikan surat
Membagikan surat
Fotocopy

26
Jumat
06-Feb-15
08.00
17.00
Mencatat surat masuk
Mencatat surat keluar
Mencatat memo pencairan
Mencatat SPPD
Mendisposisikan surat
Membagikan surat
Fotocopy


KEPALA BAGIAN

Sutrisno


27
Senin
09-Feb-15
-
-
 -
 -
28
Selasa
10-Feb-15
-
-
 -
 -
29
Rabu
11-Feb-15
-
-
 -
 -
30
Kamis
12-Feb-15
08.00
17.00
Mencatat surat masuk
Mencatat surat keluar
Mencatat memo pencairan
Mencatat SPPD
Mendisposisikan surat
Membagikan surat
Fotocopy
Menginput data gaji karyawan

31
Jumat
13-Feb-15
08.00
17.00
Mencatat surat masuk
Mencatat surat keluar
Mencatat memo pencairan
Mencatat SPPD
Mendisposisikan surat
Membagikan surat
Fotocopy

32
Senin
16-Feb-15
08.00
17.00
Merapikan arsiparis
Membuat surat
Menginput data gaji karyawan
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran

33
Selasa
17-Feb-15
08 00
17.00
Merapikan arsiparis
Mengarsipkan dokumen
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran


KEPALA BAGIAN

Sutrisno



34
Rabu
18-Feb-15
08.00
17.00
Fotocopy
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran
Memasukan surat ke dalam amplop

35
Kamis
19-Feb-15
08.00
17.00
Merapikan arsiparis
Mengarsipkan dokumen
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran
Memasukan surat ke dalam amplop

36
Jumat
20-Feb-15
08.00
17.00
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran
Memasukan surat ke dalam amplop

37
Senin
23-Feb-15
08 00
17.00
Fotocopy
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran
Memasukan surat ke dalam amplop

38
Selasa
24-Feb-15
08.00
17.00
Merapikan arsiparis
Mengarsipkan dokumen
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran
Memasukan surat ke dalam amplop

39
Rabu
25-Feb-15
08.00
17.00
Merapikan arsiparis
Mengarsipkan dokumen
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menginput data gaji karyawan

40
Kamis
26-Feb-15
08.00
17.00
 Merapikan arsiparis
Mengarsipkan dokumen
Memisahkan RSJHT dari karbon


KEPALA BAGIAN

Sutrisno



41
Jumat
27-Feb-15
08 00
17.00
 Merapikan arsiparis
Mengarsipkan dokumen
Memisahkan RSJHT dari karbon
Membuat surat
Menulis nama perusahaan

42
Senin
02-Mar-15
08.00
17.00
 Memisahkan RSJHT dari karbon
Membuat surat
Menulis nama perusahaan

43
Selasa
03-Mar-15
08.00
17.00
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menginput data gaji karyawan
Menulis nama perusahaan

44
Rabu
04-Mar-15
08.00
17.00
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menginput data gaji karyawan
Menulis nama perusahaan

45
Kamis
05-Mar-15
08 00
17.00
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran BPJS
Fotocopy
Menulis nama perusahaan

46
Jumat
06-Mar-15
08.00
17.00
Memisahkan RSJHT dari karbon
Menyusun formulir pendaftaran BPJS
Menginput data gaji karyawan
Fotocopy
Menulis nama perusahaan

47
Senin
09-Mar-15
08.00
17.00
 Memisahkan RSJHT darii karbon
Menulis nama perusahaan
Fotocopy
Mengarsipkan dokumen

48
Selasa
10-Mar-15
08.00
17.00
 Memisahkan RSJHT darii karbon
Menulis nama perusahaan
Fotocopy
Mengarsipkan dokumen

49
Rabu
11-Mar-15
08 00
17.00
 Memisahkan RSJHT darii karbon
Menulis nama perusahaan
Fotocopy
Mengarsipkan dokumen


KEPALA BAGIAN

Sutrisno








BAB IV
PENUTUP

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas segala rahmat yang telah dilimpahkan oleh Allah SWT, bahwa penulis telah mendapat dukungan dari berbagai pihak dalam menyelesaikan laporan ini dengan baik tanpa mengalami hambatan berarti.
Keberhasilan pelaksanaan Praktik Kerja Industri ini sangat dibutuhkan oleh para siswa/siswi agar bisa mengikuti salah satu syarat untuk menempuh UAS/UAN, sehingga dengan dibuatnya laporan Prakerin ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi kelancaran pelaksanaan Praktik Kerja Industri. Terutama pada tahap awal kerja berkaitan dengan paket keahlian yang ada di Dunia Usaha / Dunia Industri.
Dengan dibuatnya laporan ini minimal diharapkan juga ada kesamaan Visi antara pihak sekolah dengan dunia usaha sebagai industri pasangan.
Penulis mengharapkan agar semua penjelasan didalam laporan yang telah tersusun dengan rapi sesuai dengan tujuan siswa/siswi ini .Penulis telah berusaha supaya isi dari laporan ini dapat dengan mudah dimengerti serta dipahami bagi para membacanya.
Saran serta kritik membangun demi perbaikan penulisan laporan, penulis nantikan agar dalam penyusunan laporan selanjutnya dapat tersajikan dengan lebih baik dan lebih sempurna lagi.
Penulis mengucapkan banyak terima kasih semua kepada pihak yang telah banyak membantu dan membimbing dalam menyelesaikan laporan ini, serta besar harapan penulis agar laporan yang penulis susun dapat bermanfaat bagi semua pihak, Amin Ya Robbal Alamin.
Akhir kata dari saya, semoga apa yang saya sajikan dalam laporan ini dapat berguna bagi seluruh pembaca sekalian.
KESIMPULAN
Dari pembahasan laporan kerja bisnis tersebut, penulis dapat mengambil kesimpulan antara lain :
a.       BPJS Ketenagakerjaan merupakan salah satu badan penyeleggara jaminan social yang memenuhi perlindungan dasar bagi tenaga kerja.
b.      Sebagai badan penyeleggara jaminan social harus mempunyai nilai-nilai dari iman, professional, teladan, integritas, kerjasama.
c.       Menambah wawasan, pengetahuan, pengalaman dan mengetahui secara langsung tentang dunia kerja.
A.     SARAN
Setelah melaksanakan Praktik Kerja Industri, penulis mendapatkan banyak sekali pelajaran serta pengalaman yang berharga. Dengan segala kerendahan hati penulis akan menyampaikan saran-saran untuk pihak industri maupun pihak sekolah. Penulis berharap semoga saran-saran ini merupakan saran yang bisa membangun untuk pihak industri maupun pihak sekolah.
Beberapa saran yang hendak penulis sampaikan diharapkan dapat membantu proses evaluasi dan sebagai bahan acuan bagi pelaksanaan Prakerin untuk masa yang akan datang. Selain itu, saran-saran ini merupakan suatu wujud kepedulian penulis terhadap kemajuan dunia pendidikan yang berkembang begitu pesatnya.

1.      Saran untuk Pihak Sekolah

Adapun saran yang akan saya sampaikan antara lain:
a.    Pemberian informasi serta gambaran mengenai kondisi dan suasana diIndustri kepada siswa yang akan melaksanakan Prakerin hendaknyadiperluas lagi mengingat beragamnya dunia industri.

b.      Sekolah hendaknya melakukan monitoring terhadap siswa yang melakukan Prakerin lebih sering lagi guna mengetahui secara langsung kendala-kendala yang dihadapi oleh siswa dalam menghadapi Prakerin.

c.       Sarana dan prasarana terutama yang menunjang kegiatan belajar produktif lebih ditingkatkan lagi, agar dapat memotivasi para siswa untuk belajarlebih giat lagi.

d.      Pembimbing yang ditunjuk sekolah diharapkan dapat lebih mengoptimalkan profesionalismenya demi kelancaran kegiatan prakerin.









Daftar Pustaka



Nah, itu dia contoh cara bikin laporan PKL. kalau mau filenya silahkan hubungi saya lewat email dpurwindari@gmail.com itupun kalau saya masih punya filenya buat kamu yang sering kena revisi, sabar saja ya. karena semua pasti berlalu. 
    

14 comments:

  1. kak saya mau nanya itu yang bagian daftar pusaka di isi nya buat bagian apa kak?

    ReplyDelete
  2. Halo, jika ada yang mau file contoh laporan pklnya, langsung email ke dpurwindari@gmail.com aja ya. Inshaa allah akan saya balas secepatnya kalah tidak sibuk. Terima kasih 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak ada kah nomor wa agar kirim nya di wa aja kak

      Delete
    2. assalamualaikum ka,salam kenal semoga pesan email saya dibaca ya ka��

      Delete
  3. file nya ada ngga ka? bagiin

    ReplyDelete
  4. Kak saya mau tanya
    File nya gak ada atau gak ada bacaan di download?
    Kalau ada tolong kirim kak

    ReplyDelete
  5. ka mau kirim file nya, masii ada ga?

    ReplyDelete